Rabu, 22 Desember 2010

Hari Ibu

Rabu, 22 Desember 2010 |
Pergerakan wanita diawali oleh R.A Kartini. Pergerakan wanita mula-mula berupa pergerakan sosial, yaitu pergerakan yang berjuang untuk menaikkan derajat (kedudukan) wanita dalam masyarakat. Sering dinamakan pergerakan emansipasi, yaitu pergerakan yang bertujuan mencapai persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan, terutama yang menyangkut urusan keluarga dan perkawinan.
Ide-ide Kartini tertuang dalam surat Kartini kepada teman-temannya yang ada di Negeri Belanda, dan dihimpun menjadi sebuah buku yang diberi judul "Habis Gelap Terbitlah Terang". Untuk memperingati jasa R.A Kartini, maka setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.
Perjuangan R.A Kartini dilanjutkan oleh Dewi sartika dari bandung, ia mendirikan sekolah Kautamaan Istri (1904) di Bandung.
Pada Tanggal 22-28 Desember 1928 diadakan kongres wanita pertama di jogjakarta yang selanjutnya tgl 22 des di peringati sebagai hari ibu.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Suported By

Visitors

free counters

Pukul Berapa Saat Ini?

Tanggal Berapa Saat Ini....???

Profile

Profile
Purnawiyata

Profile

Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Nama saya Annas Fatkhurrohman. Saya bersekolah di SMP N 1 PONOROGO. Saya pendatang baru di blogger. Jangan lupa kunjungannya dan FOLLOW ya :)

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Label

 

Daftar Isi

Pengikut

Entri Populer

Copyright © ANNAS FATKHURROHMAN | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog