Selasa, 05 Juni 2012

Fenomena Langka

Selasa, 05 Juni 2012 |

Hari Ini Matahari Punya Jerawat titik hitam, Atau biasa disebut Transit Planet Venus mulai pukul 07:00 WIB-13.00 WIB, dan Akan Muncul lagi Pada tahun 2117, Sangat sayang jika terlewatkan...
Peristiwa ini menjadi transit Venus terakhir sepanjang abad ke-21 dan baru akan terulang kembali 105,5 tahun mendatang, tepatnya pada 11 Desember 2117. Maka tak salah jika transit Venus 2012 dinisbatkan sebagai peristiwa langit yang hanya berlangsung sekali sepanjang hayat manusia masa kini.
Bagi kita di Indonesia, transit Venus 2012 sekaligus menjadi bagian dari kemeriahan pesta langit seiring berlangsungnya awal musim gerhana 2012 (SM, 28/05/2012).
Segaris Lurus
Transit Venus adalah terminologi astronomis bagi segaris lurusnya matahari, Venus dan bumi ditinjau dalam segenap arah (syzygy). Pada saat itu, matahari dan Venus menempati koordinat lintang ekliptika dan bujur ekliptika yang sama, sehingga kita di bumi akan menyaksikan Venus berimpit dengan matahari. Konfigurasi ini sama persis dengan konfigurasi gerhana matahari, sehingga kadangkala transit Venus juga dijuluki sebagai gerhana Venus.
Namun demikian, walaupun Venus adalah benda langit yang diameternya 3,5 kali lipat lebih besar dibanding bulan, namun jarak terdekatnya ke bumi adalah 108 kali lipat lebih jauh ketimbang jarak bulan ke bumi. Akibatnya, diameter tampak  Venus hanyalah sepertiga puluh matahari. Dengan demikian, saat transit Venus terjadi, kita hanya menyaksikan bundaran kecil hitam bergerak melintasi cakram matahari nan terang menyilaukan. Berbeda dari bulan yang diameter tampaknya bisa menyamai matahari, sehingga kala gerhana matahari, cakram bulan dapat menutupi sebagian besar cakram matahari (sebagai gerhana matahari cincin), ataupun seluruhnya (sebagai gerhana matahari total).
Amat Jarang
Venus adalah planet terdekat kedua ke matahari dan juga adalah planet tetangga terdekat bagi bumi. Massa, diameter, struktur, komposisi dan topografi Venus tak jauh berbeda dari bumi, sehingga bumi dan Venus kerap disebut sistem planet kembar. Venus beredar pada jarak rata-rata 108,2 juta km dengan periode revolusi 224,7 hari. Dengan kemiringan orbit 3,39 derajat terhadap ekliptika (bidang edar bumi mengelilingi matahari), maka setiap 583,9 hari sekali, Venus menempati garis bujur ekliptika yang sama dengan matahari. Kita menyebutnya konjungsi Venus-Matahari, yang terbagi ke dalam konjungsi bawah (inferior) dan konjungsi atas (superior). Transit Venus selalu terjadi pada saat konjungsi bawah.
Transit Venus disebabkan oleh resonansi orbital bumi dan Venus sebesar 8 : 13 dan 243 : 395. Artinya, setiap bumi telah tepat 8 kali mengelilingi matahari, maka Venus telah 13 kali melakukan hal serupa. Demikian pula bila Venus tepat 395 kali mengelilingi matahari, maka Bumi telah tepat 243 kali melakukan hal yang sama.
Resonansi orbital membuat transit Venus menjadi peristiwa langit teramat jarang, yakni berselisih 243 tahun untuk kejadian dengan serial transit yang sama. Sebagai pembanding, dua gerhana matahari dengan seri gerhana (seri Saros) yang sama hanya berselisih 18,3 tahun.
Sejak tahun 1518, transit Venus mengikuti pola 8 + 105,5 + 8 + 121,5. Maksudnya, dengan mengacu Transit Venus 2004, transit Venus kedua akan terjadi 8 tahun kemudian (yakni 2012), sementara transit Venus ketiga terjadi 105,5 tahun kemudian (yakni 2117). Sedangkan transit Venus keempat terjadi 8 tahun kemudian (yakni 2125) dan transit Venus kelima akan terjadi 121,5 tahun kemudian (yakni 2247).
Dengan demikian, rata-rata setiap dua abad hanya terjadi dua peristiwa transit Venus. Kekerapan ini jauh lebih jarang dibanding gerhana matahari, yang minimal terjadi 2 kali dalam setiap tahunnya.
Demikian jarangnya ,sehingga tak mengherankan bila sejak peradaban manusia bermula, kita hanya sempat mengamati 8 transit Venus. Transit Venus pertama teramati (secara tidak disengaja) oleh Ibn Sina pada 24 Mei 1032 saat menyadari adanya bintik hitam bulat yang kecil di cakram matahari kala terbenam. Sejak masa Galileo hingga kini, hanya ada 6 transit Venus yang telah dijumpai dan didokumentasikan oleh manusia.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Suported By

Visitors

free counters

Pukul Berapa Saat Ini?

Tanggal Berapa Saat Ini....???

Profile

Profile
Purnawiyata

Profile

Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Nama saya Annas Fatkhurrohman. Saya bersekolah di SMP N 1 PONOROGO. Saya pendatang baru di blogger. Jangan lupa kunjungannya dan FOLLOW ya :)

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Label

 

Daftar Isi

Pengikut

Entri Populer

Copyright © ANNAS FATKHURROHMAN | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog