Selasa, 12 Oktober 2010

Fakta Ilmiah Air Zam-Zam

Selasa, 12 Oktober 2010 |
Air Zam-zam merupakan air yang hanya ada di Arab Saudi. Air ini dikenal  banyak orang dengan khasiatnya. Banyak yang beranggapan bahwa air zam-zam ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut fakta-fakta ilmiah air zam-zam
Kandungan Mineral
Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air zam-zam ini memang unik karena mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg perliter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandung dalam air zam-zam dapat dikelompokkan menjadi :
1.    Positive ions seperti sodium (250 mg per liter), calcium (200 mg per liter), potassium (20 mg per liter), dan magnesium (50 mg per liter)
2.    Negative ions, seperti sulphur (372 mg per liter), bicarbonates (366 mg per liter), nitrat (273 mg per liter), phosphate (0,25 mg per liter), dan ammonia (6 mg per liter)
Molekul air Zam-zam
    Kandungan elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zam-zam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat amandan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.
    Makin banyak dokter dari berbagai penjuru dunia, termasuk kalangan nonmuslim, yang menganggap air Zam-zam sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Padanya terkandung sejumlah unsure yang dapat memberikan nilai tambah bagi kesehatan orangyang meneguknya. Kendati secara fisik terlihat sama dengan air kemasan yang dijual di pasaran. Ternyata struktur molekul air Zam-zam sangat berbeda saat dilihat melalui mikroskop electron.
    Percobaan pun sudah dilakukan beberapa dokter terhadap pasiennya dan terbukti menghasilkan perubahan fisik ke arah yang lebih baik. Misalnya dalam kaitan selera makan, otot, dan suhu badan.
    Pemerintah Arab Saudi, melalui tenaga laboratorium yang andal, pernah mengemukakan bahwa setiapa satu liter air Zam-zam mengandung klorida (159,75 mg), sulfat (140 mg), bikarbonat (398,22 mg), kalium (182,2 mg), kalsium (158.58 mg), serta natrium (318 mg).
    Sedangkan dalam satu liter air kemasan yang dijual di pasaran terkandung 30 mg klorida, 27 mg sulfat, 32 mg bikarbonat, 3 mg kalium, 20 mg kalsium, dan 20 mg natrium. Makanya tidak heran apabila para peneliti sering menjadikan air zam-zam sebagai referensi dalam menciptakan produk air kemasan tanpa zat besi.
    Hasil analisa seorang ahli dari Indonesia pun bernada sama. Disebutkan ada empat unsur kimiawi yang sangat penting pada zam-zam, yaitu kalium (K), natrium (Na), Kalsium (Ca), dan magnesium (Mg). Namun semuanya sangat berbeda dari unsure-unsur yang  sama pada air kemasan.
    Seperti diketahui, pada air biasa terdapat unsur besi (Fe). Meski sangat sedikit, tetap membahayakan kalau melebihi ambang yang dipersyaratkan WHO. Zat ini tidak terdapat pada air zam-zam. Demikian  juga Ca, di mana pada air biasa kadarnya sangat tinggi. Ingat, keduanya tidak baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Lain halnya dengan K dan Mg, kalau pada air biasa jumlahnya minim sekali, pada air zam-zam sebaliknya.
    Penelitian tidak hanya berhenti pada ranah zat-zat kimia. Para pakar, meski harus mengeluarkan biaya besar, juga meneliti bagaimana perjalanan air zam-zam ketika sudah diminum, mulai dari tenggorokan sampai ginjal.
    Sungguh fantastis. Hadits Rasulullah tentang khasiat air zam-zam ternyata merangsang para akademisi untuk meneliti, dan ternyata sangat pas. Kabarnya penelitian masih akan terus berlanjut.
    Tujuannya tentu bukan untuk merekayasa air serupa zam-zam, tapi mencari sisi-sisi inspirasi. Artinya siapa tahu dari riset ini akan muncul pemikiran, penelitian, dan percobaan yang ujung-ujungnya meningkatkan kesejahteraan manusia.


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Suported By

Visitors

free counters

Pukul Berapa Saat Ini?

Tanggal Berapa Saat Ini....???

Profile

Profile
Purnawiyata

Profile

Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Nama saya Annas Fatkhurrohman. Saya bersekolah di SMP N 1 PONOROGO. Saya pendatang baru di blogger. Jangan lupa kunjungannya dan FOLLOW ya :)

Translate

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Label

 

Daftar Isi

Pengikut

Entri Populer

Copyright © ANNAS FATKHURROHMAN | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog